TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MIA 1 MAN 3 BLITAR

RO’ATUN NA’IMAH, 1724143212 (2018) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MIA 1 MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI MAN 3 Blitar”, ini ditulis oleh Ro’atun Na’imah Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Program Linear Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting yang perlu dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika terutama untuk membantu siswa menyelesaikan masalah-masalah matematika yang sulit. Hal ini dikarenakan penggunaan kemampuan berpikir kritis yang tepat akan sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi program linear; (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah matematika materi program linear; (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah matematika materi program linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 Blitar yang terdiri dari siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, tes tulis dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan akademik tinggi berada pada Tingkat Berpikir Kritis (TBK) 3. Dimana subjek mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis serta mampu menyelesaikan masalah melalui 4 tahap pemecahan masalah; (2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang berada pada TBK 1. Dimana subjek hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis hanya pada merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah. Belum sampai pada tahap menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil sebagai suatu keputusan; (3) Siswa dengan kemampuan akademik rendah berada pada TBK 0. Karena siswa tidak mampu memenuhi satu-pun indikator berpikir kritis dari mengidentifikasi masalah hingga membuat kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam penelitian selanjutnya serta memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, serta dengan adanya penelitian selanjutnya mampu menganalisis ulang tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143212 RO’ATUN NA’IMAH
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:18
Last Modified: 23 Aug 2018 06:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item View Item