UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) MELALUI TAHAPAN SCAFFOLDING KELAS X MAN 3 BLITAR

LINTANG MAHARDIKA, 1 724143140 (2018) UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) MELALUI TAHAPAN SCAFFOLDING KELAS X MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Mahardika, Lintang. 2018. “Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Melalui Tahapan Scaffolding Kelas X MAN 3 Blitar”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata satu IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Menyelesaikan Masalah, Scaffolding Fenomena bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga menjadi momok menakutkan bagi siswa sehingga minat terhadap pelajaran matematika sangat rendah, kesulitan yang dihadapi siswa merupakan akibat dari kurangnya pemahaman dan minat siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. oleh karena itu salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya adalah dengan adanya scaffolding. Dengan scaffolding anak akan mampu belajar maksimal karena adanya bantuan orang dewasa atau orang yang lebih ahli. Fokus Penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar? (2) Bagaimana upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya mengatasi kesulitan siswa kemampuan sedang dan kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) melalui tahapan scaffolding kelas X MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 4 siswa kelas X IIS-5 MAN 3 Blitar yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Tehnik pengumpulan data menggunakan: 1 ) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Ketekunan pengamat, triangulasi waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, scaffolding dapat membantu siswa menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), dengan menggunakan tahap-tahap scaffolding, yaitu explaining (menjelaskan), reviewing (meninjau), restructuring (restrukturasi), dan developing conceptual thingking (mengulang prosedur) siswa dapat mengerjakan masalah dengan baik, ini terbukti dari follow test siswa sudah dapat mengerjakan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 724143140 LINTANG MAHARDIKA
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:17
Last Modified: 23 Aug 2018 06:17
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item