PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

AMELIA DIMAS IZZATI, 1724143021 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) Kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Amelia Dimas Izzati, NIM 1724143021, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kaat kunci : Hasil Belajar, Motivasi,TPS, STAD. Model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat penting guna meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa,tujuannya tetap untuk menciptakan pembelajaran aktif dan berkualitas yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif TPS dan STAD. Kedua model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dan mampu membangkitkan motivasi siswa. Sehingga diharapkan dengan model pembelajaran TPS dan STAD dapat mengangkat pencapaian hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis Quasi Eksperimen yang populasinya adalah kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Metode pengambilan data melalui tes, angket dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa. Pada penelitian ini Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar dan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD), hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 sebesar 84,27 dan untuk kelas eksperimen 2 sebesar 77,41. Sedangkan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen 1 sebesar 78,30 dan untuk kelas eksperimen 2 sebesar 71,55. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 5.609 dengan signifikansi 0.006. Dimana Sig. 0,006 < 0,05. Artinya harga F signifikan, Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada perbedaan Hasil belajar dan motivasi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Divison (STAD) kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2017/2018”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143021 AMELIA DIMAS IZZATI
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:16
Last Modified: 20 Aug 2018 06:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item