ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII MTs. AL-MAWADDAH 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

BINTI FAHRURI ZULHANI, 28141133029 (2018) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII MTs. AL-MAWADDAH 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Binti fahruri Zulhani, 2814133029, 2017. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar pada Siswa Kelas VIII MTs. AlMawaddah 2 Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. Luk Luk Nur Mufida, M.Pd Kata Kunci : Kesalahan, Soal Matematika,Materi Aljabar Penyelesaian masalah matematika membutuhkan prosedur penyelesaian yang runtut. Kegiatan ini yang menyebabkan siswa mengalami kesalahna dalam menuliskan jawaban akhir. Seringnya siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal berpengaruh terhadap hasil belajar yakni nilainya dibawah kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan berdasarkan kemampuan matematika yang dilakukan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar menurut analisis kesalahan Newman dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mengetahui berbagai persoalan yang berhubungan dengan kesalahan siswa kelas VIII MTs. Al-Mawaddah 2 Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar. Peneliti bekerja sama dengan pihak sekolah mulai dari kepala sekolah, guru dan siswa khususnya kelas VIII MTs. Al-Mawaddah 2 Blitar kemudian berhubungan langsung dengan informan guna memperoleh data secara alami yang terjadi di lokasi penelitian. Data kesalahan diperoleh dari hasil tes tertulis. Tes tertulis diberikan kepada siswa kelas VIII MTs. Al-Mawaddah2 Blitar sejumlah 35 siswa dari 38 siswa kelas VIII dengan 3 butir soal yang dikerjakan dalam waktu 45 menit. Hasil tes tersebut dikoreksi kemudian dipilih 6 orang siswa yang melakukan kesalahan dan diambil 2 siswa untuk mewakili setiap subjek sesuai dengan kemampuan matematika yaitu 2 subjek kemampuan matematika tinggi, 2 subjek kemampuan matematika sedang dan 2 subjek kemampuan matematika rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1)Pada siswa yang mempunya kemampuan tinggi kesalahan terletak pada saat menuliskan kesimpulan jawaban akhir, pada siswa kemampuan sedang kesalahan banyak dilakukan pada tahap ketrampilan proses dan kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan matematika rendah yaitu hampir semua tahap pada setiap soal.,(2) Faktor penyebab kesalahan siswa, faktor internal Siswa kurang memahami konsep aljabar,Siswa kurang teliti dalam membaca soal,Siswa kurang latihan mengerjakan soal cerita,Siswa kurang menyukai materi aljabar,Frekuensi belajar matematika yang kurang; faktor eksternal Metode yang digunakan guru monoton, sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar,Suasana kelas yang tidak kondusif yaitu banyak siswa yang tidur saat pembelajaran berlangsung, Kurangnya perhatian atau motivasi dari orang tua atau guru pendamping

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 28141133029 BINTI FAHRURI ZULHANI
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:39
Last Modified: 24 Aug 2018 07:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item