Peranan Orang tua Dan Sekolah Dalam Menanggulangi Anak Putus Sekolah (Studi Kasus Di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010).

Fitriani, Arin (2010) Peranan Orang tua Dan Sekolah Dalam Menanggulangi Anak Putus Sekolah (Studi Kasus Di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010). [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I ARIN.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB II ARIN.doc

Download (173kB)
[img] Text
BAB III ARIN.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV dan V ARIN.doc

Download (351kB)
[img] Text
COVER WARNA ARIN.doc

Download (112kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Orang tua dan sekolah, Putus sekolah Dalam dunia pendidikan, sering kali kita jumpai berbagai permasalahan yang salah satunya adalah putus sekolah atau seorang anak yang tidak bisa melajutkan pendidikannya karena adanya beberapa faktor, yaitu: faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor pergaulan, dan masalah-masalah lainnya. Untuk mengatasi atau menanggulangi masalah tersebut dipelukan dorongan atau motifasi dari orang tua dan sekolah. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran sekolah dalam menanggulangi anak putus sekolah? (2) Bagaimana upaya orang tua dalam menanggulangi anak putus sekolah? (3) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah? (4) Bagaimana akibat dari anak putus sekolah? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab dan faktor-faktor anak putus sekolah di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, serta peranan orang tua dalam menanggulangi anak putus sekolah. Metodologi penelitian : (1) Jenis penelitian : deskriptif dan studi kasus. (2) Lokasi penelitian : MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (3) Sumber data : subyek yang terdiri dari orang tua, siswa, pihak sekolah /BP3. (4) Prosedur Pengumpulan data : Observasi, interview, dokumentasi. (5) Teknik analisa data adalah : Deskriptif analitik. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas maka hasil dari penelitian ini, (1) Peran sekolah dalam menanggulangi anak putus sekolah yaitu dengan melakukan kunjungan rumah dan memberikan arahan atau bimbingan kepada anak. (2) Kedua peranan dari orang tua dalam menanggulangi anak putus sekolah yaitu dengan memberi dorongan, motivasi dan semangat untuk bersekolah, mengetahui perkembangan pergaulan anaknya, menjaga hubungan baik dengan anaknya, agar para orang tua bisa lebih memahami masalah apa yang sedang dihadapinya, dan sering melakukan komunikasi dengan anaknya. (3) faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010 adalah: rendahnya ekonomi keluarga, kurangnya perhatian dari orang tua,pergaulan yang terlalu bebas, adanya permasalahan dengan temannya, dan faktor dari dalam dirinya sendiri. (4) Akibat anak putus sekolah adalah : Anak akan mengalami pengangguran atau masa depan menjadi suram, kurang mengetahui perkembangan zaman dan kurang berpengalaman, anak akan berbuat dengan semaunya sendiri, pergaulan bebas, yang mengakibatkan anak berperilaku negatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 06:16
Last Modified: 28 Jan 2015 06:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item