PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2018

DWI PUJI ASTUTI, 1725143068 (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

BSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Puji Astuti, NIM. 1725143068, Pembimbing MirnaWahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Peran Guru dan Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak siswa yang masih belum bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, seperti: bermain didalam kelas, keluar kelas saat pembelajaran berlangsung dan sebagainya. Dari permasalahan tersebut para guru memilik tugas dan peran untuk meningkatakan motivasi belajar siswa. dalam hal ini penulis membahas terkait peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apa saja hambatan motivasi belajar siswa kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol? (2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol? (3) Bagaimana dampak dari peningkatan motivasi belajar siswa kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview/wawancara, dan dengan dokumentaasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpualan/verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, triagulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasill penelitian menunjukkan bahwa Hambatan motivasi belajar siswa kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol terdiri dari fakor internal dan eksternal. Hambatan yang datang dari faktor internal (dari dalam diri siswa) yaitu kondisi fisik siswa dimana siswa yang kurang sehat, lelah, atau mengantuk saat proses pembelajaran. Sedangkan hambatan yang berasal dari faktor eksternal (luar diri siswa) yaitu karena adanya lingkungan yang kurang memperhatikan pendidikan, dan kurangnya sarana dan prasarana disekolah. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol cukup rendah, hal ini terbukti dengan masih banyak siswa yang masih belum bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas dan masih banyak siswa yang suka bermain didalam kelas. Dampak dari Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol sudah cukup baik bagi untuk beberapa siswa, meski begitu juga banyak siswa yang belum mendapatkan dampak apapun meski guru telah melakukan beberapa bentuk peningkatan motivasi belajar didalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143068 DWI PUJI ASTUTI
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:50
Last Modified: 20 Aug 2018 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item