PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG

ISMI ARUM FUJIANA, 1725143133 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ismi Arum Fujiana, 1725143133, Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di MIN 7 Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Kemampuan Kognitif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dalam ranah kognitif peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk melihat pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif siswa di MIN 7 Tulungagung?, (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif siswa di MIN 7 Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif siswa di MIN 7 Tulungagung., (2) Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif siswa di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas I-VI MIN 7 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B MIN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t kemampuan kognitif diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Apabila Sig. (2-tailed)>0,05, maka H_o diterima dan H_a ditolak dan jika Sig. (2-tailed)<0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dari hasil perhitungan uji independen sampel t-tes, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig.< 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif Siswa di MIN 7 Tulungagung. (2), Besar Pengaruh yang ditunjukkan nilai Spooled = 1,513 dalam inteprestasi Cohen’s sebesar 93,3% artinya besar pengaruh tergolong tinggi model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kognitif siswa di MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143133 ISMI ARUM FUJIANA
Date Deposited: 24 Sep 2018 07:19
Last Modified: 24 Sep 2018 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item