PENINGKATAN CHARACTER BUILDING PADA ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA KISAH QUR’ANI BERBASIS AUDIOVISUAL DI PAUD DARUSSALAM KUNIR WONODADI BLITAR

NADIA KHUSANIAH, 1726143034 (2018) PENINGKATAN CHARACTER BUILDING PADA ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA KISAH QUR’ANI BERBASIS AUDIOVISUAL DI PAUD DARUSSALAM KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Character Building Pada Anak Usia 4 Tahun melalui Metode Bercerita Kisah Qur’ani Berbasis Audiovisual di PAUD Darussalam Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nadia Khusaniah yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci : Character Building, Metode Bercerita Kisah Qur’ani, Basis Audiovisual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan moral keagamaan melalui metode bercerita kisah qur’ani sebagai wujud pengajaran yang memberikan teladan yang nyata kepada anak-anak melalui tokoh cerita. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalah berikut : (1) Bagaimana penerapan metode bercerita kisah qur’ani berbasis audiovisual untuk meningkatan character building anak usia 4 tahun di PAUD Darussalam Kunir Wonodadi Blitar ? dan (2) Bagaimana peningkatan character building anak usia 4 tahun melalui metode bercerita kisah qur’ani di PAUD Darussalam Kunir ? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan metode bercerita kisah qur’ani berbasis audiovisual dalam meningkatan character building anak usia 4 tahun di PAUD Darussalam Kunir Wonodadi Blitar (2) Untuk mengetahui peningkatan character building anak usia 4 tahun melalui metode bercerita kisah qur’ani di PAUD Darussalam Kunir. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di PAUD Darussalam Kunir Wonodadi Blitar. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik dari kelas A yang berusia 4 Tahun yang terdiri dari 23 anak engan rincian 11 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pembelajaran melalui metode bercerita kisah qur’ani berbasis audiovisual dinyatakan berhasil apabila anak berhasil mencapai kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan BSB (berkembang sangat baik). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama belum menunjukkan perkembangan secara signifikan. Siklus kedua menunjukkan tingkat keberhasilan BSH(berkembang sesuai harapan) sebesar 78,3%. Sedangkan siklus ketiga menunjukkan tingkat keberhasilan BSH (berkembang sesuai harapan) sebesar 60,8% dan BSB (berkembang sangat baik) sebesar 39,2%. Artinya penelitian ini telah menunjukkan perkembangan yang baik bagi anak. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan bantuan media audiovisual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143034 NADIA KHUSANIAH
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:10
Last Modified: 20 Aug 2018 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item