ANALISIS KESALAHAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018

SEPTI YULIANA, 1724143224 (2018) ANALISIS KESALAHAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Prosedural siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Pemahaman Konseptual Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Septi Yuliana dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci : Kesalahan Prosedural. Pemahaman Konseptual, Lingkaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman konseptual yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Konsep dalam pembelajaran matematika merupakan unsur mendasar yang harus dipahami oleh siswa. Selain konsep, prosedural dalam pembelajaran matematika juga sangat penting untuk dipahami. Dengan prosedural dalam matematika maka akan memudahkan siswa dalam menggunakan simbol-simbol matematika dan menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kesalahan prosedural siswa yang memiliki pemahaman konseptual rendah dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana kesalahan prosedural siswa yang memiliki pemahaman konseptual sedang dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana kesalahan prosedural siswa yang memiliki pemahaman konseptual tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan prosedural terjadi pada subjek 1) kemampuan pemahaman konseptual rendah yaitu tidak mencapai semua indikator yaitu ketidakhirarakisan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah dan ketidakmampuan siswa dalam memanipulasi jawaban.. 2) kemampuan pemahaman konseptual sedang yaitu tidak mencapai semua indikator yaitu ketidakhirarakisan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan masalahmasalah dan ketidakmampuan siswa dalam memanipulasi jawaban.. 3) kemampuan pemahaman konseptual tinggi yaitu tidak mencapai indikator pertama yaitu ketidakhirarakisan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan masalahmasalah. Penyebab terjadinya kesalahan prosedural antara lain kurang memahami konsep lingkaran, kurang teliti, kurang percaya diri, tidak belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143224 SEPTI YULIANA
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:23
Last Modified: 20 Aug 2018 04:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item