PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK A DI RA ARROHMAH KALIBATUR

DINA PURWANTI, 1726143032 (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK A DI RA ARROHMAH KALIBATUR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok A Di Ra Arrohmah Kalibatur” ini ditulis oleh Dina Purwanti, NIM. 1726143032, pembimbing Susanto.M.Or. Kata Kunci: Permainan Tradisional Congklak, Kemampuan Berhitung Anak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena pembelajaran untuk anak usia dini, bahwa anak mendapatkan pengetahuan melalui proses bermain atau yang biasa disebut dengan bermain sambil belajar. Anak dapat belajar salah satunya dengan menggunakan media permainan tradisional conglak. Dalam penelitian ini peneliti menghubungkan masalah permainan tradisional congklak dengan kemampuan berhitung anak kelompok A RA Arrahmah Kalibatur. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan hitung anak kelompok A di RA Arrohmah Kalibatur? (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan hitung anak kelompok A1 dan A2 di RA Arrohmah Kalibatur?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah pengaruh pemberian permainan tradisional “congklak” terhadap kemampuan berhitung anak kelompok A RA Arrohmah Kalibatur. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah RA Arrohmah Kalibatur, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran. Bagi para guru RA Arrohmah Kalibatur sebagai inovasi pembeljaran guna meningkatkan mutu pembelajaran hitungan untuk siswa. Bagi siswa RA Arrohmah agar dapat mengembangkan kemampuannya dibidang berhitung salah satunya menggunakan media permainan tradisional. Bagi pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan referensi untuk penelitian yang lebih lanjut. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent t-test dan uji-t paired. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa : (1) Hasil uji independent t.test diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan post test kelas kontrol yaitu nilai sig (0,000 < 0,05) sedangkan (2)hasil uji paired t.test diperoleh dari pre test dan post test kelas kontrol serta pre test dan post test eksperimen nilai yaitu sig (0,003 < 0,05) dan (0,000 < 0,05) rata-rata (mean) pretest kelas kontrol 9,2857 dan pada post test 10,2857. sedangkan pada rata-rata (mean) pre test kelas eksperimen 8,8846 dan rata-rata (mean) post test kelas eksperimen 12,415 sehingga ada perbedaan antara rata-rata sebelum (pre test) dan sesudah (post test) dari permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung anak kelompok A1 dan A2 RA Arrohmah Kalibatur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143032 DINA PURWANTI
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:40
Last Modified: 10 Sep 2018 06:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item