IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

MARIYATUL KIBTIYAH, 2811133148 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini di tulis oleh Mariyatul Kibtiyah, NIM. 2811133148, dosen pembimbing Hj.ST.Noer Farida Laila, M.A Kata Kunci:Implementasi Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini di latar belakangi karena MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tergolong sekolah yang berbasis agama di dimana proses pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran akidah akhlak sudah memakai kurikulum 2013. Jadi para guru mengajar disini semua sudah mengikuti peraturan yang ada dengan mengimplementasikan kurikulum 2013 dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran akidah akhlak tahap perencanaan di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran akidah akhlak tahap pelaksanaan di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran akidah akhlak tahap evaluasi di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Metode pengumpulan data, (1) Observasi (2) Wawancara Mendalam (3) dokumentasi. Kemudian teknis analisis data dengan menggunakan model interaktif Miles atau Hubbermann (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melaksanakan pengecekan keabsahan data deng menggunakan (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan Pengamatan (3) Triangulasi (4) Pemeriksaan Teman Sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Wonodadi Blitar, menyiapkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada peraturan yang ada di kemenag yang tentu saja isinya tetap mengacu pada ramburambu dan tujuan kurikulum 2013 yang berlaku perangkat pembelajaran, dalam perencanaan tersebut ada beberapa diantaranya pembuatan RPP, silabus, protapromes, (2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Wonodadi Blitar, dalam tahap pelaksanaan ini, proses pembelajaran akidah akhlak dalam pelaksanaan kurikulum 2013, memang semua yang mengatur adalah pemerintah yaitu Depdiknas dan Kemenag diantara nya yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, seperti: mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengkomunikasikan, mengkomunikasikan hasil, dan kegiatan akhir. Dan Sudah dua semester ini yaitu mulai tahun pelajaran 2014/2015, MTs Darul Huda melaksanakan kurikulum 2013. Kusus mata pelajaran PAI MTs Darul Huda melaksanakannya 3 tahun ini. (3) Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar adalah dengan menggunakan teknik tes dan non tes yang mencakup afektif, kognitif dan psikomotorik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133148 MARIYATUL KIBTIYAH
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:47
Last Modified: 21 Aug 2018 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item