PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

ADE S RIANTAO, 1721143010 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA AT-Thohiriyah Ngantru Tulungagung”, ini ditulis oleh Ade S Riantao, NIM. 1721143010. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib M,Ag, NIP. 1975055232006041002 Kata Kunci: Pendidikan Agama dalam Keluarga, Kedisiplinan Beragama Siswa Penelitian ini dilatarbelakangngi berdasarkan masalah pentingnya pendidikan Agama dalam keluarga, yang mana bisa mempengaruhi dengan kedisiplinan beragama pada seorang anak, maka peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Rumusan masalah: (1) Adakah Pengaruh Pendidikan Akidah dalam Keluarga terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Pendidikan Ibadah dalam Keluarga terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3) Adakah Pengaruh Pendidikan Akhlak dalam Keluarga terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akidah dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah ngantru tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan ibadah dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Sedangka manfaat penelitian ini untuk memberikan gambaran secara riil mengenai kondisi pendidikan agama Islam dalam keluarga peserta didik, serta pengaruhnya terhadap kedisiplinan beragama peserta didik, sehingga bisa menjadi masukan untuk mengadakan evaluasi dan pengembangan ke arah yang lebih baik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas X dan XI di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yang terdiri dari 75 siswa dan 75 wali murid dari semua kelas X dan XI . Dengan teknik penelitian populasi dengan kata lain tanpa menggunakan sampel. Variabel bebas: Pendidikan akidah dalam keluarga, pendidikan ibadah dalam keluarga, pendidikan akhlak dalam keluarga. Variabel terikat: Kedisiplinan Beragama. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, Uji T dan Uji F dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan pendidikan akidah dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa thitung = - 1,673 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung < ttabel (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Ibadah dalam Keluarga dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2.500 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel . (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan akhlak dalam Keluarga dengan Kedisiplinan Baragma Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3.465 dan ttabel = 1,976 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel. (4) Ada pengaruh yang signifikan secara bersam-sama antara pendidikan akidah dalam keluarga, pendidkan ibadah dalam keluarga dan pendidikan akhlak dalam keluarga dengan terhadap kedisiplinan beragama siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung = 10,703 dan Ftabel = 2,670 dengan sig= 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel atau sig < α (0,05)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143010 ADE S RIANTAO
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:46
Last Modified: 20 Aug 2018 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item