Penanaman Nilai-Nilai Shodaqoh Bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung

ATINA, SITI (2010) Penanaman Nilai-Nilai Shodaqoh Bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAG AWAL.doc

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (32kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (233kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Penanaman, Nilai Shodaqoh. Skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru di sekolah tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih penting pula membentuk watak dan pribadi anak didiknya dengan akhlak dan ajaran-ajaran Islam. Maka dari itu, menanamkan nilai-nilai shodaqoh merupakan pelatihan aplikatif yang menanamkan semangat kesadaran sosial para siswa. Fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai adab dalam bershodaqoh bagi siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu?; 2) Bagaimana penanaman nilai keikhlasan bagi siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu?; 3) Bagaimana penanaman nilai perbuatan baik bagi siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu?. Tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mengetahui cara penanaman nilai adab dalam bershodaqoh bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Boyolangu; 2) Untuk mengetahui cara penanaman nilai keihklasan bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Boyolangu; 3) Untuk mengetahui cara penanaman nilai perbuatan baik bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Boyolangu. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, lokasinya di SMP Negeri 1 Boyolangu, sumber datanya primer dan sekunder, datanya paper yaitu data yang diperoleh melalui dokumen yang berupa catatan-catatan, arsip-arsip atau foto yang dapat memberikan informasi hal-hal yang berkaitan dengan penelitian, person yaitu sumber data yang bisa memberikan data berupa jawaban lisan melalui wawancara atau jawaban tertulis melalui angket, dan place yaitu sumber data yang menyajikan darinya dapat diperoleh gambaran tentang situasi kondisi yang berlangsung berkaitan dengan masalah yang dibahas. Prosedur pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kesimpulan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1) Penanaman nilai adab dalam bershodaqoh di SMPN 1 Boyolangu dilakukan dengan bilhal (dengan tingkah laku), dan praktis. Perkembangan penanaman nilai ini mampu masuk ke dalam diri siswa, buktinya adalah siswa rajin beribadah dan bershodaqoh; 2) Penanaman nilai keikhlasan di SMPN 1 Boyolangu dilakukan dengan cara menerapkan atau membiasakan siswa-siswi untuk bershodaqoh; 3) Penanaman nilai perbuatan baik dilakukan dengan mengadakan bakti sosial agar para siswa terlatih untuk bermasyarakat dan memandang kondisi masing-masing. Disamping itu, agar siswa mampu menerapkan di tengah-tengah masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 06:06
Last Modified: 28 Jan 2015 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item