PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS III DI MIN 7 NGANJUK

ERVIN DWI ANGGUN T.I.A, 1725143086 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS III DI MIN 7 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ervin Dwi Anggun T.I.A, 1725143086, 2018. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Fiqih Kelas III di MIN 7 Nganjuk”, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing : Dr. Agus Purwowidodo. M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Kurang maksimalnya proses pembelajaran konvensional di sekolah menyebabkan siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam berpikir kreatif untuk menghasilkan ide baru dan hasil belajar siswa menjadi kurang baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat siswa dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Melalui model pembelajaran ini siswa dapat mengemukakan pendapat, bertukar pikiran dan bekerja sama dengan siswa lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan 1desain quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sedangkan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel yang digunakan, yaitu kelas III-B sebagai kelas eksperimen dan III-C sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data (1) Observasi (2) Dokumentasi (3) Tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif Fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk, bahwa hasil analisis data dengan menggunakan rumus t-test berbantu program SPSS 16.0 didapatkan t tabel= 5,214 > t hitung= 2,079. Demikian juga dengan hasil belajar, ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar fiqih kelas III di MIN 7 Nganjuk t tabel= 2,892 > t hitung= 2,079

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143086 ERVIN DWI ANGGUN T.I.A.
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:04
Last Modified: 15 Aug 2018 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item