PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SEKECAMATAN PAKEL TULUNGAGUNG

INMAS YULIS HARDIKASARI, 1726143019 (2018) PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN SEKECAMATAN PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan Sekecamatan Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Inmas Yulis Hardikasari, NIM. 1726143019, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Media Kartu Bergambar, Penguasaan Kosakata Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa rendahnya penguasaan kosakata sehingga anak masih kesulitan dalam berkomunikasi serta kurangnya meningkatkan daya ingat. Salah satunya dengan media kartu bergambar. Diharapkan dengan metode ini anak dapat terbantu untuk menghafalkan kosakata yang dapat dipahami oleh anak dalam penguasaan kosakata. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dan seberapa besar pengaruh media kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata kelompok B yang di terapkan di TK Dharma Wanita Persatuan Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling, dan sampel yang diambil adalah kelas B, instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi (sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan) dan pedoman dokumentasi, teknik analisis data dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Kemudian untuk menghitung besar pengaruhnya menggunakan perhitungan cohen’s effect size. Hasil perhitungannya adalah pertama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Hasil analisis uji-t Independent hasil sesudah diberi perlakuan dengan nilai t hitung adalah 0,05 dengan signifikasi 0,047. Hal ini juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen sebesar 1.27988. sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua varian sesudah diberi perlakuan kontrol dan eksperimen Ha diterima. Kedua, pengaruh media kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata kelompok B sebesar 58% dan tergolong kecil. Saran untuk peneliti yang akan datang sudah tentu dari skripsi yang peneliti susun ini jauh dari kesempurnaan, diharapkan dapat menjadi referensi untuk mengembangkan pengetahuan tentang penelitian yang berhubungan dengan penelitian ini agar penelitian ini dapat berkembang dikemudian hari dan dijadikan sebagai dasar dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143019 INMAS YULIS HARDIKASARI
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:23
Last Modified: 20 Aug 2018 06:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item