Dampak Penggunaan Ponsel Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Diponegoro Tulungagung)

Aprianto, Aprianto (2010) Dampak Penggunaan Ponsel Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Diponegoro Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK Dampak Ponsel.rtf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I Dampak Penggunaan Ponsel.rtf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II Dampak Penggunaan Ponsel.rtf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III Dampak Penggunaan Ponsel.rtf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV Dampak Penggunaan Ponsel.rtf

Download (412kB)
[img] Text
BAB V Dampak Penggunaan Ponsel.rtf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.rtf

Download (72kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Ponsel, Motivasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di kalangan anak remaja, terutama usia sekolah menengah yang berupa kesenangan dan bermewah-mewahan dengan ponsel. Padahal sebenarnya ponsel adalah alat komunikasi. Namun, hal itu menjadi ironi, ketika ponsel tersebut dimanfaatkan yang akhirnya mirip pisau yang bermata dua. Fokus penelitiannya adalah Bagaimana fenomena penggunaan ponsel di SMA Diponegoro Tulungagung. Bagaimana tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Diponegoro Tulungagung. Bagaimana akibat yang ditimbulkan penggunaan ponsel terhadap motivasi belajar siswa di SMA Diponegoro Tulungagung Skripsi ini bermanfaat secara teoritis, penelitian ini merupakan sumbangan untuk memperkaya khazanah keilmuan serta sebagai bahan referensi atau rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, dan secara praktis bermanfaat bagi lembaga pendidikan yang bersangkutan khususnya SMA Diponegoro atau instansi lain yang terkait dalam masalah peningkatan motivasi belajar mata pelajaran PAI dan mata pelajaran lain umumnya. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, lokasinya di SMA Diponegoro Tulungagung, teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data. Pengecekan keabsahan memakai triangulasi, pembahasan sejawat, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian: Fenomena penggunaan ponsel di SMA Diponegoro mayoritas atau bahkan hampir seluruhnya peserta didik di SMA Diponegoro mempunyai HP. Sedangkan fungsi HP pada peserta didik di SMA Diponegoro adalah sebagai alat komunikasi baik melalui sms atau telepon, dan hiburan juga pencarian data. Tantangan yang dihadapi dalam penggunaan ponsel di SMA Diponegoro Tulungagung adalah berkembanganya teknologi yang semakin pesat sehingga penggunaan HP perlu selektif. Dampak penggunaan ponsel yang terjadi di SMA Diponegoro adalah sebagai berikut: 1) Dampak positifnya adalah penggunaan HP dapat meningkatkan motivasi belajar, karena dengan HP, materi dapat diakses dengan lebih mudah tanpa banyak halangan dan hambatan yang berarti, karena bisa diakses dimana saja, asalkan terdapat jaringan yang menghubungkan dan HP-nya cukup canggih. Namun, itu hanya terjadi pada sebagian kecil dari seluruh peserta didik yang ada di SMA Diponegoro. 2) Dampak negatifnya adalah penggunaan HP justru menurunkan motivasi belajar peserta didik, karena siswa akan lebih cenderung untuk bermain HP daripada belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 05:59
Last Modified: 28 Jan 2015 05:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item