STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 KAMPAK TRENGGALEK

ELVIA RAHMAWATI, 1721143127 (2018) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek” ini ditulis oleh Elvia Rahmawati, NIM. 1721143127, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru PAI menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru PAI menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru PAI mengatur ruang belajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI mengatur ruang belajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kampak Trenggalek. Skripsi ini bermanfaat bagi SMAN 1 Kampak Trenggalek untuk pengembangan pembelajaran formal dengan suatu pendekatan yang tepat guna memperoleh hasil yang optimal. Bagi guru diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran khususnya dalam segi pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada suatu mata pelajaran. Serta bagi siswa diharapkan akan dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses kegiatan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi guru PAI dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran kelas dapat berjalan kondusif. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI di SMA Negeri 1 Kampak ini sudah cukup baik. Hal penting yang harus dikuasai guru adalah strategi dalam mengelola kelas, pencapaian prestasi belajar siswa itu tergantung dari tindakan guru di kelas. Strategi yang bisa dilakukan guru adalah (1) Menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif di kelas melalui prinsip kehangatan dan keantusiasan, prinsip tantangan dan prinsip bervariasi. (2) Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas melalui sifat keterbukaan, sifat kebebasan dan sifat saling memenuhi kebutuhan. (3) Mengatur ruang belajar di kelas melalui pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pengajaran serta penataan keindahan dan kebersihan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143127 ELVIA RAHMAWATI
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:12
Last Modified: 14 Aug 2018 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8945

Actions (login required)

View Item View Item