KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT PADA KELAS X MAN 4 KEDIRI

ROHMAT AKBAR AJI, 1724143216 (2018) KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT PADA KELAS X MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (256kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X MAN 4 Kediri” ini ditulis oleh Rohmat Akbar Aji, NIM. 1724143216 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Menyelesaikan Soal Matematika, Bilangan Berpangkat. Kreativitas merupakan faktor utama yang dapat memberdayakan potensi yang ada pada diri seseorang. Pada perwujudan pribadi maupun untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara, kebutuhan akan kreativitas dirasakan dalam semua aspek kehidupan. Dalam masa pembangunan dan era globalisasi ini setiap individu dituntut untuk memperluas wawasanya agar mampu menghadapi tantangan-tantangan pada masa depan. Pengembangan potensi kreatif pada dasarnya ada pada setiap orang, terlebih mereka yang memiliki kemampuan dan kecerdasan, perlu dimulai sejak usia dini. Dalam hal ini peneliti melakukan analisis terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya materi bilangan berpangkat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X MAN 4 Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Kelas X MAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MAN 4 Kediri dengan subjek sebanyak 3 siswa. Data yang diperoleh berupa data hasil tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Skripsi ini bermanfaat bagi anak didik sebagai bekal pengetahuan agar lebih meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Bagi guru membarikan motivasi untuk lebih peka terhadap suatu perkembangan kreativitas anak didik dengan materi tertentu. Sehingga dapat mencari cara yang mudah dalam penyampaian materi dan dapat diterima anak didik dengan baik. Bagi MAN 4 Kediri, sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika agar bisa menghasilkan pendidikan yang berkompeten, memiliki kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan, dan pada akhirnya mampu memberikan perubahan dengan tindakan yang positif terhadap kemajuan bangsa dan Negara. Bagi pembaca / peneliti lain sebagai bahan masukan atau referansi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai pengamat penuh dalam penggalian data, yaitu dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian mengenai Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat pada Kelas X MAN 4 Kediri yang paling dominan kreativitas tingkat 1. Untuk siswa berkemampuan tinggi mencapai kreativitas Tingkat 3. Siswa berkemampuan sedang mencapai kreativitas Tingkat 1. Siswa berkemampuan rendah mencapai kreativitas Tingkat 1. Kreativitas tertinggi mencapai tingkat 3.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143216 ROHMAT AKBAR AJI
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:03
Last Modified: 13 Aug 2018 08:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item