PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR ZAHIDAH, 1725143227 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (748kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Zahidah, NIM 1725143227, 2018, Pembimbing Muhamad Zaini,MA. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Minat Belajar, Hasil Belajar. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) rendahnya hasil belajar Al Qur’an Hadits peserta didik 2) rendahnya minat belajar Al Qur’an Hadits peserta didik 3) kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran Al Qur’an Hadits.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) adakah pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) adakah pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini bermanfaat bagi para guru MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebagai dasar untuk inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Bagi peserta didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Bagi MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan pembelajaran alternatif. Bagi para pembaca dan peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi untuk penelitian lebih lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Desaign) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dengan jumlah 54 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik sampling Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test dan analisis anova 2 arah atau disebut MANOVA. Independent Samples t-test untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (CIRC) terhadap minat belajar peserta didik dan pengaruh model pembelajaran (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan anova 2 arah atau disebut MANOVA untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (CIRC) terhadap minat dan hasil belajar Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Q.S. Al-Lahab dilihat dari perhitungan menggunakanbantuan computer SPSS 23.0 for Windows.diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,041, nilai Sig.(2-tailed) 0,041 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Q.S. Al-Lahab dilihat dari perhitungan menggunakan bantuan computer SPSS 23.0 for Windows.diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,027, nilai Sig.(2-tailed) 0,027 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi Q.S. Al-Lahab dilihat dari perhitungan menggunakan bantuan computer SPSS 23.0 for Windows.diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,015, nilai Sig.(2-tailed) 0,015 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143227 NUR ZAHIDAH
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:55
Last Modified: 16 Aug 2018 02:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item