PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN STAD TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

IIN MASROPAH, 1724143111 (2018) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN STAD TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (617kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK Iin Masropah. NIM 1724143111, 2018. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan STAD Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar pada Materi Turunan”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Treffinger, STAD Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah khususnya dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Matematika merupakan pelajaran yang tidak hanya dapat dipahami melalui penjelasan guru tanpa siswa aktif menemukan konsep matematika sendiri, selain itu dalam pembelajaran matematika jika strategi pembelajarn yang digunakan tidak sesuai akan membuat siswa merasa bosan selama pembelajaran. Padahal rasa bosan akan membuat siswa enggan dan sulit untuk belajar dan secara langsung akan berpengaruhi pada presatasi dan motivasi belajar siswa. Ada beberapa solusi untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika ataralain adalah dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dan STAD (Student Teams Achievement Division)Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran treffinger dan STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap prestasi belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu. (2) Untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran treffinger dan STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar yang berjumlah 400 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa, yaitu kelas XI IIS 3 dan kelas XI IIS 4. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian: (1) Ada perbedaan signifikan antara penggunaan model pembelajaran treffinger dan STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap prestasi belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143111 IIN MASROPAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:10
Last Modified: 10 Aug 2018 07:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item