PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KLAS VIII SMPN 3 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

ANING SAFITRI, 1724143030 (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KLAS VIII SMPN 3 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 3 Kras Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Aning Safitri, NIM 1724143030, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M Kata Kunci: Mind Mapping, Kemampuan Koneksi Matematis, Hasil Belajar Metode pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa. Secara umum, guru menggunakan metode ceramah. Metode tersebut kurang efektif, karena menjadikan siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Dalam skripsi ini, penulis memperkenalkan metode pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran yakni metode mind mapping. Metode mind mapping merupakan metode yang menyenangkan dengan menggunakan keahlian mencatat yang efektif, kreatif, dapat menempatkan dan mengundang informasi dari otak dalam bentuk tulisan yang memudahkan belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 3 Kras tahun pelajaran 2017/2018 2) untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 3 Kras tahun pelajaran 2017/2018 3) untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 3 Kras tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Kras Kediri. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunkan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematis sebesar 0,018. 2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar sebesar 0,003. 3) ada pengaruh yang siginifikan penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa sebesar 0,004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat mempengaruhi kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143030 ANING SAFITRI
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:03
Last Modified: 10 Aug 2018 07:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item