KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHAMAD ZEIN AMRULLAH, 1721143291 (2018) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Muhamad Zein Amrullah, NIM. 1721143291. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I, NIP.19790319 200312 2 002. Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dengan tinggi rendahnya motivasi siswa dalam belajar dapat mempengaruhi segala hasil belajarnya. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah motivasi dengan hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Blitar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui 1. Adakah korelasi antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an Hadits di MAN 3 Blitar, 2. Adakah korelasi antara motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Blitar, 3. Adakah korelasi secara bersamaan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Blitar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah description research (penelitian deskriptif). Populasi : Seluruh siswa kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 372 siswa yang ada di MAN 3 Blitar. Sampel berjumlah 93 siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data : analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, korelasi product moment, korelasi ganda dan uji F dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian yaitu, 1. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan signifikansi r untuk variabel motivasi belajar intrinsik adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai rhitung = 0,541 > rtabel = 0,202 pada taraf siginifikansi 5% juga pada taraf signifikansi 1% rhitung = 0,541 > rtabel = 0,263. 2. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan signifikansi r untuk variabel motivasi belajar intrinsik adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai rhitung = 0,441 > rtabel = 0,202 pada taraf siginifikansi 5% juga pada taraf signifikansi 1% rhitung = 0,441 > rtabel = 0,263. 3. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsic dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama Dilihat dari hasil uji korelasi ganda dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,591 dan dari analisis uji F pada taraf signifikansi Fxy = 24,160 dibandingkan dengan ftabel pada taraf signifikansi 5% = 3,09. Dengan demikian Fxy lebih besar dari Ftabel atau Fxy > Ftabel, baik untuk taraf signifikansi 5%. Dari analisis tersebut di atas dapat dikatakan bahwa pada taraf signifikan 5% menunjukkan hasil yang signifikan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143291 MUHAMAD ZEIN AMRULLAH
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:56
Last Modified: 10 Dec 2018 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item