PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMA’ QASAR KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG

LINATUL KHOIRIYAH, 1721143209 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMA’ QASAR KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jama’ Qasar Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Linatul Khoiriyah dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh M. Pd. I Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Siswa. Rendahnya hasil belajar fiqih, hal ini dikarenakan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran fiqih masih monoton dan pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga siswa cenderung mudah bosan dan materi cenderung kurang diminati yang berdampak hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar kognitif siswa secara signifikan kelas VII MTsN 1 Tulungagung pada materi jama qasar (2) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa secara signifikan kelas VII MTsN 1 Tulungagung materi jama’ qasar. (3) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik secara bersama-sama pada siswa secara signifikan kelas VII MTsN 1 Tulungagung materi jama’ qasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 1 Tulungagung yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII/6 sebagai kelas eksperimen (Team Assisted Individualization) dan kelas VII/7 sebagai kelas kontrol (konvensional). Analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi, tes, dan non tes. Metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data sekolahan, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes dan non tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dengan - thitung < -ttabel, yaitu -2.340 < -1.994 dengan Sig. (2-tailed) = 0.022 < 0.05. (2) ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar psikomotor siswa yang ditunjukkan dengan - thitung < -ttabel, yaitu -4.353 < -1.994 dengan Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05. (3) ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan - thitung < -ttabel -11.046 < -1.993 dengan Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143209 LINATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:44
Last Modified: 10 Aug 2018 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8866

Actions (login required)

View Item View Item