pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018

CHOTIM ALFA NI'AMAH, 1724143058 (2018) pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018” ditulis oleh Chotim Alfa Ni’amah, NIM 1724143058, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran CRH (Course Review Horay), hasil belajar, motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana nilai hasil belajar dan motivasi belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang banyak memberikan soal latihan yang memiliki proses penyelesaian tunggal sehingga prosesnya selalu diulang dan dihafal dapat membuat pembelajaran di kelas cenderung monoton, kurang kreatif, dan membosankan. Oleh karena itu, guna mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sehinnga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) yang dilakukan dengan cara prmainan agar siswa ikut aktif di dalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap motivasi belajar, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar. Terbukti dengan nilai 0,009 < 0,05 dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksprimen 76,64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,48. (2) adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap motivasi belajar. Terbukti dengan nilai 0,042 < 0,05 dengan rata-rata nilai motivasi belajar siswa kelas eksprimen 110,02 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 104,29. (3) adanya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di SMPN 1 Sumbergempol. Terbukti dari analisis Pillae Trace, Wilk Lamda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root, dimana signifikan 0,010 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143058 CHOTIM ALFA NI'AMAH
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:27
Last Modified: 09 Aug 2018 07:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item