PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DYAH PUSPITA SRI WULANDARI, 1725143072 (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II MIN Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Dyah Puspita Sri Wulandari, Nim. 1725143072 yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Nursamsu, M.Pd. Kata Kunci : Pemberian Reward, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan pemberian reward dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MIN Rejotangan Tulungagung pada kelas II. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II MIN Rejotangan Tulungagun.2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas II MIN Rejotangan Tulungagung 3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa kelas II MIN Rejotangan Tulungagun Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent posttest-only control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MIN Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 65 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas II B sebagai kelas Kontrol dan kelas II C sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Sebelum Instrumen soal digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh signifikan penerapan pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II MIN Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji manova dengan sig. 0,00 < 0,05. 2) Adanya pengaruh yang signifikan penerapan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 92,13 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 87,91. Hasil uji statistik di peroleh F hitung sebesar 4,501 dengan signifikan 0,040 < 0,05. 3) Adanya pengaruh yang signifikan penerapan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 90,52 sedangkan kelas kontrol sebesar 79,86. Hasil uji statistik di peroleh F hitung sebesar 24,407 dengan signifikan 0,00 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143072 DYAH PUSPITA SRI WULANDARI
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:40
Last Modified: 09 Aug 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item View Item