PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN di MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

RIZKI NUR FITRIA, 1725143256 (2018) PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN di MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan karakter Disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rizki Nur Fitria, NIM. 1725143256. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj.Luluk ‘Atirotuz Zahroh, S.Ag, M.Pd NIP. 19711019990032002. Kata kunci: pendidikan karakter disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemrosotan karakter Bangsa Indonesia saat ini. Sekolah merupakan lembaga formal tempat menerima pendidikan baik pendidikan secara ilmu pengetahuan maupun pendidikan nilai-nilai moral serta pembentukan karakter dari setiap peserta didik. Dalam penelitian ini lebih difokuskan kepada pendidikan karakter disiplin. Disiplin moral telah memiliki tujuan jangka panjang untuk berperilaku dengan penuh rasa tanggung jawab di segala situasi, disiplin menjadi alasan pengembangan siswa untuk menghormati norma, peraturan dan menghargai sesama di dalam sebuah komunitas yang terkecil yaitu didalam kelas. Timbulnya kemrosotan karakter bangsa terjadi karena kurangnya kedisiplinan diri, hal tersebut muncul dari berbagai faktor dan memiliki dampak bagi peserta didik itu sendiri maupun bagi kemajuan bangsa. Fokus penelitan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar (2) Faktor pendukung dan penghambat karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar (3) Dampak pelaksanaan karakter disiplin di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yakni penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan menjawab persoalan tentang fenomena dan peristiwa yang terjadi saat ini. Penelitian deskriptif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubahan pada variable-variabel bebas, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya bisa penggambaran kondisi individual maupun kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan :1).Pelaksanaan karakter disiplin memiliki beberapa strategi agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Strategi yang pertama, memerlukan adanya pembiasaan dan keteladanan, yang kedua perlu adanya pendampingan dan pengawasan, yang ketiga pemberian teguran atau sanksi jika ada peserta didik yang melanggar atau tidak mentaati tata tertib, yang keempat, pemberian motivasi secara terus menerus. Setelah pelaksanaan pastilah ada faktor-faktor yang mempengaruhi. Hasil penelitian yang ke-2). Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan karakter disiplin. Faktor pendukung yang pertama, adanya inisiatif yang sama antara semua pihak, yang kedua, adanya paguyuban antar wali, yang ketiga, selalu melakukan koordinasi dan adanya evaluasi, yang keempat, pemberian teladan dan yang terakhir adanya adanya sarana dan prasarana penunjang. Adapun faktor penghambatnya yang pertama Lingkungan yang berbeda-beda, yang kedua, orang tua yang kurang peduli terhadap anak, dan yang ketiga, ekonomi dan IQ yang rendah. Hasil penelitian yang ke-3) Dampak pelaksanaan karakter disiplin. yang pertama, Mulai terbiasa tanpa pengawasan, yang kedua, memiliki tanggung jawab, yang ketiga, menjadi lebih kondusif, yang keempat, disiplin tanpa ancaman atau sanksi dan yang terakhir, anak menjadi lebih tanggap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 1725143256 RIZKI NUR FITRIA
Date Deposited: 27 Aug 2018 06:16
Last Modified: 27 Aug 2018 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item