PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU TAHUN AJARAN 2017/2018

RITA PANGESTI, 1724143206 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Rita Pangesti, NIM. 1724143206, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Osborn, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang menerima secara pasif apa yang diberikan guru, sehingga kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika tidak berkembang dan hasil belajar matematika kurang. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dan variasi dalam pembelajaran matematika. Banyak model pembelajaran yang membuat siswa belajar aktif dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika, salah satunya adalah model pembelajaran Osborn. Model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan memunculkan banyak gagasan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian true experimental design, populasinya adalah siswa kelas VII MTsN Ngantru berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, sampel penelitian ini adalah kelas VII B dan VII E, dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung=6,382>t_tabel=1,993 dengan taraf signifikansi 5%. 2) ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung=6,066>t_tabel=1,993 dengan taraf signifikansi 5%. 3) ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan uji manova diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143206 RITA PANGESTI
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:26
Last Modified: 08 Aug 2018 07:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8824

Actions (login required)

View Item View Item