STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG

MUHAMAD SYARIF HABIBULLAH, 1725143187 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Syarif Habibullah, 1725143187, Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar Islam Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dita Hendriani, M.A., NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: Strategi Guru, Pembentukan Karakter Karakter merupakan suatu ciri khas seorang manusia yang membedakan dengan manusia lain. Karakter manusia di bentuk dalam waktu yang lama. Dalam proses terbentuknya suatu karakter pada diri seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu yang berperan dalam proses pembentukan karakter pada diri manusia ialah guru, terutama guru sekolah dasar. Guru sekolah dasar memiliki tugas membentuk karakter-karakter dasar yang baik pada diri anak didiknya. Oleh sebab itu, guru memerlukan suatu strategi tertentu agar karakter yang diharapkan mampu benar-benar dimiliki anak didiknya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa strategi yang diterapkan guru dalam pembentukan karakter di SDI Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? (2) apa faktor pendukung yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter di SDI Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? (3) apa hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter di SDI Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai intrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah SDI Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara terpimpin, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi yang diterapkan guru dalam pembentukan karakter melalui:a. Menjadi teladan dalam berkata, bersikap dan berperilaku,b. Mengambil hati (menarik perhatian) peserta didik, c. Membuat peserta didik merasa senang dan nyaman belajar, d. Memvariasi model dan metode pembelajaran, e. Memperhatikan karakteristik dan tipe belajar peserta didik, f. Membagi dalam kelompok, g. Penugasan, h. Mengaitkan materi dengan cerita, i. Pemberian ekstra kasih saying, j. Mengadakan/ berpartisipasi dalam peringatan hari besar nasional dan peringatan hari besar Islam, k. Mengadakan pembiasaan-pembiasaan karakter baik yang diselenggarakan oleh sekolah atau merupakan kesepakatan antara guru dengan siswa yang terkait. (2) Faktor pendukung yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter yaitu: a. kesiapan mental dan semangat siswa, b. Adanya interaksi antara pihak sekolah dan wali siswa, c. Pendampingan orang tua di rumah, d. Kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran, e. Fasilitas dan aturan sekolah, f. Kepedulian masyarakat dan orang tua siswa dalam memberi saran dan kritik yang membangun. (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter yaitu:a. Adanya kepribadian siswa yang berbeda-beda, b. Kesiapan mental peserta didik untuk belajar yang kurang, c. Kurangnya pendampingan, dukungan dan kepedulian orang tua kepada guru dan peserta didik, d. Peserta didik tidak dapat mengikuti pelajaran (dikarenakan sakit atai izin).e.Gizi yang kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143187 MUHAMAD SYARIF HABIBULLAH
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:18
Last Modified: 20 Aug 2018 06:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item