PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS III MIN 11 BLITAR

KURNIA DEWI KUMALA, 1725143146 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS III MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurnia Dewi Kumala . 1725143146. 2018 ,Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil belajar dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III MIN 11 Blitar.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr.H Syamsun Ni’am,M.Ag Kata kunci: Gambar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya ketakutan para peserta didik memahami isi atau kosa kata Bahasa Arab yang menjadikan penghambat siswa untuk mencapai keberhasilan mereka dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar yang menganggap bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang sulit (sukar) bahkan ada yang memandangnya sebagai momok. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode atau media yang cocok untuk siswa. Salah satu media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan media gambar berupa flash card , diharapkan dengan menggunakan media tersebut dapat membantu siswa dalam memahami kosa kata dalam pelajaran Bahasa Arab, sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Berangkat dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III MIN 11 Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar? 2)Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar? 3)Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil dan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arabsiswa kelas III MIN 11 Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design), tehnik sampling menggunakan tehnik pertimbangan (Puposive sampling).Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MIN 11 Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MIN 11 Blitar.Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,019 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar, (2) uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar, (3) hasil uji Anova 2 jalur post test dan angket motivasi diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MIN 11 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143146 Kurnia Dewi Kumala
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:48
Last Modified: 08 Aug 2018 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item