TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 KEDUNGWARU MELALUI PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2017/2018

LIESKA SUKMA IRDAYANTI, 1724143136 (2018) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 KEDUNGWARU MELALUI PEMBERIAN SOAL OPEN-ENDED MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Lieska Sukma Irdayanti, NIM 1724143136, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, soal Open-Ended, teorema pythagoras Dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam belajar matematika dibutuhkan kemampuan berpikir, salah satunya kemampuan berpikir kritis. Pada dasarnya setiap siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, namun kemampuan ini terkadang tidak dikembangkan dengan baik. Sehingga memicu rasa ingin tahu peneliti dan ingin melakukan penelitian terkait tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 1 Kedungwaru. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pemberian soal open ended materi teorema pythagoras siswa berkemampuan matematika tinggi di SMPN 1 Kedungwaru. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pemberian soal open ended materi teorema pythagoras siswa berkemampuan matematika sedang di SMPN 1 Kedungwaru. (3) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pemberian soal open ended materi teorema pythagoras siswa berkemampuan matematika rendah di SMPN 1 Kedungwaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 Kedungwaru. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematis tinggi, 2 siswa berkemampuan matematis sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematis rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti yaitu mereduksi data dari soal yang akan dikerjakan siswa sebanyak dua soal uraian dengan pertimbangan soal tersebut mewakili secara keseluruhan dari penguasaan materi siswa, peneliti menyajikan data yang sudah dianalisis untuk disusun secara sistematis. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi berada pada Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis 2 (TKBK-2) atau cukup kritis karena siswa hanya mampu memenuhi lima indikator berpikir kritis, (2) Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kemampuan matematis sedang berada pada Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis 1 (TKBK-1) atau kurang kritis karena siswa hanya mampu memenuhi empat indikator berpikir kritis, dan (3) Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kemampuan matematis rendah berada pada Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis 0 (TKBK-0) atau tidak kritis karena siswa hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143136 Lieska Sukma Irdayanti
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:11
Last Modified: 08 Aug 2018 08:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item