PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA DI MTsN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

SITI NURJANAH, 1721143381 (2018) PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA DI MTsN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa di MTsN 1 Kota Blitar”, ini ditulis oleh Siti Nurjanah, NIM.1721143381. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1 003. Kata Kunci: Regulasi Diri dalam Belajar dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum memiliki regulasi diri dalam belajar seperti siswa tidak mempehatikan dan sibuk dengan aktivitasnya dalam pembelajaran SKI, banyak yang tidak mengerjakan tugas kurang disiplin dalam mengumpulkan, kurang aktif, kurang termotivasi dan rasa percaya diri yang kurang. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar SKI yang kurang memuaskan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek motivasi terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar? (3)adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar? (4) Adakah pengaruh secara bersama-sama regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif, motivasi dan perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar, (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek motivasi terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar, (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar aspek perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar, (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh secara bersama-sama regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif, motivasi dan perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi siswa adalah kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar yang terdiri dari 349 siswa. Dengan teknik proportionate stratified random sampling diperoleh sampel 176 siswa. Variabel bebas adalah regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif, motivasi dan perilaku. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar SKI siswa. Sumber data yang digunakan adalah angket regulasi diri dalam belajar dan nilai raport kelas VIII. Teknik pengumpulan data adalah angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, multikolineritas, heteroskedastisitas, regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,002 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar aspek motivasi terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001kurang dari 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar aspek perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,002 kurang dari 0,05. (4) Ada pengaruh secara simultan dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar aspek metakognitif, motivasi dan perilaku terhadap prestasi belajar SKI siswa di MTsN 1 Kota Blitar yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 8,552 yang lebih besar dari 2,66 dan pengaruhnya sebesar 13,4%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143381 SITI NURJANAH
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:12
Last Modified: 07 Aug 2018 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item