PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN ILMU FARO’ID KELAS XI IPS MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AHMAD NUR MUCHLIS, 1724143012 (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN ILMU FARO’ID KELAS XI IPS MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Bilangan Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Persoalan Ilmu Faro‟id Kelas XI MA Unggulan Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ahmad Nur Muchlis, NIM. 1724143012, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Operasi Bilangan Pecahan, Kemampuan Menyelesaiakan Ilmu Faro‟id. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam memanfaatkan materi yang sudah diperoleh untuk digunakan dalam menyelesaiakan permasalahan dalam situasi yang baru. Dalam masalah ini peneliti menghubungkan matematika dengan ilmu agama. Khususnya pada materi pecahan terhadap perhitungan ilmu faro‟id kelas XI MA Unggulan Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan dalam menyelesaikan persoalan ilmu faro‟idh pada siswa kelas XI IPS MA Unggulan Bandung? (2) Seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan dalam menyelesaikan persoalan ilmu faro‟idh pada siswa kelas XI IPS MA Unggulan Bandung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan pembagian harta waris. (2) Dan untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari kedua varibel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif atau analisis data statistik dan jenis penelitiannya berupa penelitian kausal komparatif. Sedangkan populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Unggulan Bandung dengan samua populasi yang digunakan juga dijadikan sebagai sampel penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode tes supaya data yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian. Dan dalam mengolah data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai F empirik sebesar 39,674 F teoritik pada taraf 5% sebesar 4,20. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan ilmu faro‟id. Selanjutnya dari hasil analisis regresi linear sederhana juga diperoleh nilai R square sebesar 0,586. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh hasil belajar siswa materi operasi bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan persoalan ilmu faro‟id adalah sebesar 58,6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143012 AHMAD NUR MUCHLIS
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:52
Last Modified: 07 Aug 2018 06:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item