IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDI AL MUNAWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

ULVIA FATKURIN FUAD, 1721143404 (2018) IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDI AL MUNAWAR PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fuad, Ulvia Fatkurin (2018). Implementasi Kegiatan Tahfidz Qur’an dalam Pembentukan Karakter Siswa SDI Al Munawar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. Dosen Pembimbing : Moh. Nurul Huda, MA Kunci: Implementasi, kegiatan tahfidz qur’an, karakter siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam sebuah proses dalam belajar pada sekolah, mengalami kesulitan belajar terlebih pada pembelajaran Al-Qur’an yang dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Kesulitan belajar dapat timbul berbagai faktor. Permasalahan harus ditindak lanjuti secara seksama, untuk memperbaiki keberhasilan belajar siswa secara optimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan kegiatan tahfidz Qur’an dalam pembentukan karakter siswa di SDI Al Munawar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?. 2) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan tahfidz Qur’an dalam pembentukan karakter siswa di SDI Al Munawar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?. 3) Bagaimana implikasi kegiatan tahfidz Qur’an dalam pembentukan karakter siswa di SDI Al Munawar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data (data reduction); (2) paparan data (data display); dan (3) penarikan kesimpulan dan varifikasi (conclusin drawing verirying). Pengecekan keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan refiew informan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Program tahfidz di SDI Al Munawar dilaksanakan pada jam ekstrakulikuler menerapkan hafal jus 30 dan surat-surat penting, dalam kurun waktu 6 tahun. Adanya bimbingan membaca Al-Qur’an setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai dan langsung dibimbing oleh guru mereka masing-masing kelas. Sekolah menyediakan sarana seperti ruangan, buku setoran hafalan Tujuan adanya program tahfidz tersebut adalah untuk membentuk karakter siswa yang pandai dalam menghafal dan juga padai dalam melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan makhorijul hurufnya 2) Pelaksanaan Metode Tahfidz Qur’an dalam pembelajaran Al-Quran sebagai pembentukan karakter di SDI Al Munawar dilakukan pada hari sabtu dan pembiasaan murajaah atau membaca Al-Qur’an disetiap pagi hari sebelum memulai pembelajaran. 3) implikasi atau hasil implementasi kegiatan tahfidz Qur’an dalam pembentukan karakter siswa diantaranya satu implikasi diluar kegiatan tahfidz Al-Qur’an seperti: terbentuknya sikap atau akhlak atau karakter anak menjadi lebih baik, seperti rajin mengikuti sholat berjama’ah, rajin membaca Al-Qur’an atau deres Al-Qur’an, sopan santun terhadap guru dengan dibuktikannya kegiatan sungkem atau salim kepada guru setiap berpapasan atau bertemu dengan guru diluar ruang kelas. Dua implikasi didalam kegiatan tafidz Al-Qur’an yaitu: siswa dapat menguasai bacaan yang benar dalam pelafalan ayat-ayat Al-Qur’an, tertib dalam hal mengikuti kegitan tahfidz Qur’an, dan menghormati guru yang sedang mengajar, bertanggung jawab dan disiplin atas apa yang telah siswa lakukan seperti, setoran hafalan yang harus dilakukan, sikap anak dalam memegang dan membaca Al-Qur’an , seperti wudhu terlebih dahulu serta membaca doa sebelum melakukan kegiatan tahfidz Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143404 ULVIA FATKURIN FUAD
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:43
Last Modified: 07 Aug 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item