PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHOIRUN NISA, 1724143122 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018” yang ditulis oleh Khoirun Nisa, NIM. 1724143122, yang dibimbing oleh Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan berpikir yang menguji, mempertanyakan, menghubungkan, mengevaluasi semua aspek yang ada dalam suatu situasi ataupun suatu masalah yang diberikan. Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu pembelajaran menekankan pada kerja kelompok yang memusatkan pada pembelajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Dalam pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Siswa sungguh dilibatkan untuk berpikir aktif sehingga muncul gagasan orisinil untuk menyimpulkan solusi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika Creative Problem Solving (CPS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran matematika Creative Problem Solving (CPS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment). Tempat penelitian di MTs Negeri 8 Tulungagung pada materi bangun ruang (kubus dan balok). Teknik sampling dengan purposive sampling, populasinya adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung dan sampel yang diambil adalah kelas VIII-A dan VIII-B, dalam penelitian ini juga menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil hitung menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 2,42 > 2,015 pada taraf signifikansi 5 %. Kemudian berdasarkan perhitungan, kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata kelas sebesar 85,00 atau μ = 85,00 dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata kelas sebesar 77,045 atau μ = 77,045. Karena μ_1 > μ_2, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran matematika Cretive Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung tahun Pelajaran 2017/2018”. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran matematika Cretive Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 76 % dan termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143122 KHOIRUN NISA
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:45
Last Modified: 07 Aug 2018 06:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8772

Actions (login required)

View Item View Item