UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG

IKMALIANA AROFAH, 1721143178 (2018) UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Ikmaliana Arofah, NIM 1721143178, dibimbing oleh Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd Kata kunci : Upaya guru, Aktivitas belajar siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih yang masih rendah sehingga guru Fiqih harus melakukan berbagai upaya agar aktivitas siswa meningkat. Oleh karena itu dibutuhkan upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana cara guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam visual activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung? (2) Bagaimana usaha guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam motor activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mental activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Bagi peneliti sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan Islam. Bagi lembaga MTs Negeri 8 Tulungagung diharapkan berguna sebagai bahan masukan terhadap upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga aktivitas belajar siswa semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan dapat melakukan penelitian yang lebih sempurna mengenai upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa kata - kata, gambar dan bukan angka, yang nantinya hasil penelitian berupa kutipan - kutipan data yang berasal dari observasi, naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumen lainnya untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Hasil penelitian: (1) Cara guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam visual activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung sebagai berikut: a) Pendekatan kepada siswa, hal ini sebagai langkah awal untuk merencanakan pembelajaran yang akan dilakukan hal ini sebelum menentukan metode dalam pembelajaran. Bagaimanapun juga seorang guru dengan siswa harus mempunyai keakraban. Dalam artian guru harus mengertahui karakteristik setiap siswa. Sehingga memudahkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi.; b) Penyusunan perangkat pembelajaran.; c) Guru menarik perhatian siswa dengan berpenambilan rapi dan sopan dan menggunakan media pembelajaran yang berupa gambar-gambar maupun video. ; d) Guru memberikan motivasi kepada siswa.; e) Guru menghimbau siswa untuk aktif selama berlangsungnya proses pembelajaran. (2) Usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam motor activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung sebagai berikut: a) Guru memberikan motivasi kepada siswa.; b) Guru menjelaskan kompetensi dasar dari materi yang akan di pelajari.; c) Guru menjelaskan tujuan yang harus dicapai dari materi yang dipelajari oleh siswa.; d) Guru menjelaskan kompetensi-kompetensi yang harus ada pada siswa sebelum memulai pelajaran.; e) Guru juga memberitahukan kepada siswa cara mudah untuk memahami materi yang akan di praktekkan.; f) Guru mengampresiasi siswa yang berani untuk melakukan praktek dengan nilai tambahan. Dalam penelitian tersebut juga menemukan faktor penghambat upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam motor activities pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung yaitu kurangnya hafalan siswa serta kurang percaya diri siswa untuk melakukan praktek di depan kelas. (3) Upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mentral activities pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 8 Tulungagung Guru memberikan motivasi atau menarik perhatian siswa sehingga mereka berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.; b) Guru memunculkan aktivitas, partisipasi siswa, dalam kegiatan pembelajaran. Dengan memberikan soal baik secara lisan maupun tulisan.; c) Guru memberikan teguran apabila ada siswa yang tidak melaksanakan tugas yang diberikan.; d) Guru memberikan umpan balik (feead back).; e) Guru menyimpulkan suatu materi yang telah dipelajari di akhir pertemuan. Beberapa upaya tersebut yang dilakukan untuk menumbuhkan aktivitas belajar siswa. Tentunya, dalam hal ini guru menjadi pendorong bagi siswa dalam belajar, membimbing, mengarahkan bahkan memberi tes untuk mengukur seberapa besar kemampuan siswa dalam pembelajaran. Sehingga upaya tersebut dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mental activities dimana guru akan memunculkan aktivitas siswa yang berupa siswa menanggapi pendapat teman atau guru, dan siswa mengerjakan tes dengan kemampuannya sendiri, serta siswa dapat memecahkan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143178 IKMALIANA AROFAH
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:40
Last Modified: 07 Aug 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item