STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

NINDA RAHMA NUR CAHYANI, 1721143309 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ninda Rahma Nur Cahyani, NIM 1721143309, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh:. DR. H. Muh. Kharis M.Pd Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Pembelajaran Efektif Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mewujudkan penguasaan materi pelajaran pada siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (2) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mewujudkan antusiasme siswa terhadap materi pelajaran di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (3) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mewujudkan komunikasi yang efektif pada siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber), ketekunan dan keajekan pengamatan, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitiannya adalah (1) penyampaian komunikasi dibuat seefektif mungkin dan diselingi dengan intermezzo, proses menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam berkomunikasi dengan menekankan kepada penggunaan strategi dan metode mengajar yang berbeda-beda dalam pembelajaran, proses komunikasi yang telah dilakukan guru untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI adalah dengan menerapan berbagai variasi dan terlaksana dengan baik dengan berbagai usaha yang telah dilakukan oleh guru. (2)guru bersemangat agar siswa juga ikut bersemangat, dan memberikan reward bagi anak yang aktif, guru meningkatkan minat anak yang kurang. (3) guru membuat materi dengan semudah mungkin dengan membuat permainan game yang menyangkut materi, guru memilih materi dengan seoptimal mungkin yang membantu siswa mencapai standar kompetensinya, guru dalam menyusun materi disusun secara sistematis yang membantu siswa berhasil menguasai kompetensi dasar dengan baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143309 NINDA RAHMA NUR CAHYANI
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:42
Last Modified: 07 Aug 2018 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item