STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK SESUAI K13 DI MTsN 6 BLITAR

YEFI ELLASARI, 1721143419 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK SESUAI K13 DI MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Sesuai K13 di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Yefi Ellasari, NIM. 1721143419, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj.St.Noer Farida Laila,MA. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi beberapa faktor yang mengakibatkan turunnya prestasi belajar siswa khusunya dalam mata pelajaran akidah akhlak sehingga perlu dikaji secara khusus untuk mencari solusinya. Mulai dari kurang minatnya siswa terhadap pelajaran akidah akhlak yang dianggap membosankan bahkan meremehkan pelajaran akidah akhlak yang dianggap sangat mudah, hingga adanya kesalahan atau kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikaji strategi pembelajaran guru agar strategi yang digunakan guru selama ini menjadi lebih diperhatikan oleh siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Akidah Akhlak sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, serta prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat. Fokus masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana strategi guru dalam perencanaan pembelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar sesuai dengan K13; 2) Bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar sesuai dengan K13; 3) Bagaimana strategi guru dalam evaluasi pembelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar sesuai dengan K13. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam perencanaan pembelajaran akidah akhlak sesuai dengan k13, mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak sesuai dengan k13, serta mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam evaluasi pembelajaran akidah akhlak sesuai dengan k13. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, lokasi penelitiannya di MTsN 6 Blitar, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) Strategi perencanaan pembelajaran guru mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar, sebelum melaksanakan proses pembelajaran yaitu dengan penyusunan RPP, penyiapan media, Penyiapan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. (2) Dalam strategi pelaksanaan pembelajarannya, meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dimana di dalamnya terdapat beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran ceramah, dan metode tanya jawab. (3) Strategi evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 6 Blitar menggunakan penilaian otentik dimana di dalamnya mencakup menilai kesiapan peserta didik, perilaku peserta didik di dalam maupun di luar pembelajaran, dan menilai hasil belajar secara untuh. Guru Akidah Akhlak menggunakan dua evaluasi yaitu melalui evaluasi sikap dan evaluasi mengerjakan soal atau materi. Dari kedua hasil evaluasi tersebut kemudian diambil nilai akhir yang menjadi bukti hasil belajar siswa yang akan dilaporkan kepada orang tua siswa dalam bentuk raport.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143419 YEFI ELLASARI
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:41
Last Modified: 07 Aug 2018 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item