STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

ALIF FATKHUR ROHMAN, 1721143044 (2018) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Alif Fatkhur Rohman, NIM. 1721143044, Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Strategi guru, Kecerdasan emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah konteks di dalam pendidikan bahwasanya, keberhasilan siswa tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya saja, tetapi ada kecerdasan lain yang ikut menentukan yakni kecerdasan emosional. Dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri sendiri siswa di MA At-Thohiriah Ngantru? 2). Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan memotivasi diri sendiri siswa di MA At-Thohiriah Ngantru? 3). Bgaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan siswa mengenali emosi orang lain di MA At-Thohiriah Ngantru? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri sendiri siswa di MA At-Thohiriah Ngantru. 2). Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan memotivasi diri sendiri siswa di MA At-Thohiriah Ngantru. 3). Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam dalam meningkatkan kemampuan siswa mengenali emosi orang lain di MA At-Thohiriah Ngantru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. untuk pengumpulan data dalam proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, maka dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, malakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah difahami oleh diri sendiri maupun orang lain dengan cara menganalisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh beberapa teknik keabsahan data, meliputi, meliputi: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri sendiri siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa. Strategi pembelajaran sikap seperti pembiasaan melakukan amaliah-amaliah keislaman yaitu sholat dhuha berjamaah, sholat duhur berjamaah membaca sura-surah pilihan. 2). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan memotivasi diri sendiri siswa dengan memberikan nasihat-nasihat, memberikan reward and punisment, keteladanan, motivasi. 3). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan siswa mengenali emosi orang lain dengan menumbuhkan rasa empati antar sesama, saling menghargai, saling tolong menolong, pembiasaan berjabat tanggan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143044 ALIF FATKHUR ROHMAN
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:03
Last Modified: 20 Aug 2018 04:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item