PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

CITRA INTAN PERMATASARI, 1724143059 (2018) PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Scaffolding Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Blitar Tahun ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Citra Intan Permatasari, NIM. 1724143059, Pembimbing Dr. Dewi Asmarani,M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Scaffolding, Motivasi, danHasilBelajar. Proses komunikasi dalam pembelajaran matematika sering terjadi penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan proses belajar mengajar tidak efektif. Terjadinya penyimpangan tersebut disebabkan oleh kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan siswa, kurang minat dan kegairahan, sehingga menyebabkan siswa tidak fokus terhadap materi dan hasil belajar siswa juga akan menurun. Guru masih menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi, sehingga siswa kurang kreatif dalam berpikir karena berpusat pada guru. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang “Pengaruh scaffolding terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Kelas VII MTsN Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan scaffolding terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas Kelas VII MTsN 1 Blitar, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan scaffolding terhadap minat belajar matematika siswa kelas Kelas VII MTsN 1 Blitar 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan scaffolding terhadap motivasi belajar dan minat belajar matematika siswa kelas Kelas VII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan pendekatan Scaffolding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Blitarberjumlah 320 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII-III sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-I sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Angket; 2) Observasi; 3) Tes; 4). Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif yang terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan uji MANOVA Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Ada pengaruh Scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada taraf signifikan dari tabel sebesar 0,057 yang berarti <0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima 2) Ada pengaruh Scaffolding terhadap minat belajar matematika pada taraf signifikan dari tabel sebesar 0,000 yang berarti <0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima (3) Ada pengaruh Scaffolding terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika pada taraf signifikan dari tabel sebesar 0,000 yang berarti <0,05 sehingga H0 ditolak

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143059 CITRA INTAN PERMATASARI
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:19
Last Modified: 07 Aug 2018 06:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item