STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

DIAH AYU WIJI ASTUTI, 1725143070 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung” ini di tulis oleg Diah Ayu Wiji Astuti, NIM. 1725143070, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.PSi. Kata kunci : kesulitan belajar Latar belakang penelitian ini di dasari oleh ketidak siapan siswa atau kurangnya kemauan siswa dalam menerima pelajaran. Serta kurangnya motivasi dari guru dan dari orang-orang terdekat mereka sehingga siswa merasa kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu strategi yang dilakukan guru yaitu memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar setelah pulang sekolah, serta memberikan latihan-latihan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan. Mengingat begitu pentingnya peranan guru, maka untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal guru berperan dalam keberhasilan siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan memberikan motivasi, memberikan tawaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kondisi belajar yang dialami siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? (2) Bagaimana kesulitan Belajar yang dialami siswa di Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? (3) Bagaimana Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? (4) Bagaimana usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Mi Jati Salam Gombang Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan kondisi belajar yang dialami siswa di Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung (2) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa di Mi Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung (3) Mendeskripsikan Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Mi Jati Salam Gombang Tulungagung (4) Mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Mi Jati Salam Gombang Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif lokasi penelitian ini berada di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber : (1) Data primer dan (2) Data sekunder, kemudian untuk tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu : (1) Observasi (2) wawancara (3) dokumentasi, kemudian mengguanakan teknik analisa data dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan . Kemudian pengecekan keabsahan temuan. Hasil dari penelitian tersebut ditemukan Siswa yang mengalami kesulitan belajar, setelah pulang sekolah di beri les bimbingan pelajaran, dan pada saat pembelajaran guru menggunakan media yang menarik perhatian siswa. Hal tersebut dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar agar mudah untuk memahami pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143070 DIAH AYU WIJI ASTUTI
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:54
Last Modified: 07 Aug 2018 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item