PENINGKATAN KECERDASAN IESQ SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MENARA AL-FATTAH PUTRI MANGUNSARI TULUNGAGUNG

DESI RAHMAWATI, 1721143103 (2018) PENINGKATAN KECERDASAN IESQ SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MENARA AL-FATTAH PUTRI MANGUNSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kecerdasan IESQ Santri Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari” ini ditulis oleh Desi Rahmawati, NIM. 1721143103, pembimbing Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Kecerdasan IESQ, Tahfidzul Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah lembaga pendidikan yang dapat mengembangkan potensi peserta didik dengan maksimal seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Salah satu potensi yang sangat mendasar adalah kecerdasan. Mulai dari kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang dapat membentuk karakter peserta didik menjadi unggul dan berkualitas baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keimanan. Jika lembaga pendidikan yang ada mampu mengembangkan ketiga ranah kecerdasan tersebut dengan baik, maka generasi penerus bangsa akan menjadi pemuda yang cerdas dan bertaqwa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kecerdasan IQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung; (2) Bagaimana peningkatan kecerdasan EQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung; (3) Bagaimana peningkatan kecerdasan SQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan IQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung; (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan EQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung; (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan SQ melalui pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi, sajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Pembelajaran tahfidzul Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan intelektual santri dimana daya ingatan menjadi lebih tajam melalui program yang diterapkan; (2) Kecerdasan emosional santri dalam bentuk sikap tanggung jawab dan sifat ta’dzim meningkat dengan pembelajran tahfidzul Qur’an; (3) Santri penghafal Al-Qur’an memiliki tirakat ibadah sholat sunnah dhuha, qiyamullail, puasa Senin Kamis, dan puasa daud yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143103 DESI RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:27
Last Modified: 06 Aug 2018 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8718

Actions (login required)

View Item View Item