CAHYANING ROSIDAH, 1726143006 (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD Al-CHUSNA TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Cahyaning Rosidah . NIM 1726143006 “Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Al-Chusna Tenggur Rejotangan Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung Tahun 2018 dibimbing oleh : Dr. Hj. Luluk Ati’rotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Perkembangan Berbicara Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan penelitian tentang kurangnya pola asuh orangtua yang terjalin dirumah. Akibatnya mempengaruhi perkembangan berbicara anak, anak tidak bisa berekpresi sesuai keinginanya. Menurut Diana Baumrind yang dikutip olaeh Dariyo ada tiga pola asuh orangtua yaitu pola asuh demokratis adalah pola asauh yang mendorong anak untuk mandiri namun orangtua tetepa memberikan batasan dan kendali untuk anak. Pola asuh permisif adalah orangtua tidak pernah berperan dalam kehidupan anak, diwarnai dengan anak diberikan kebebasan malakukan apapun. Pola asuh otoriter adalah pola asuh yang membatasai anak dan memberikan hukuman ketika anak melakukakan kesalahan jika tidak sesuai dengan kehendak orangtua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Chusna Tenggur,dan bagaimana hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Chusna. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing pola asuh dianalisis dengan persentase dengan hasil demokratis yang tertinggi 36%. Adapun hubungan pola asuh dengan perkembangan berbicara, hasil observasi perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun menempati Berkembang Sesuai Harapan 67% dan Berkembang Sangat Baik 33% ini menunjukkan bahwa anak-ana yang memiliki pola asuh demokratis perkembangan berbicaranya baik. Adapun hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun dengan korelasi parsial dengan pola asuh demokratis nilai thitung : 0,614 selanjutnya pola asuh permisif nilai t hitung : -0,170 dan yang terakhir pola asuh otoriter adalah t hitung : -0,034. Yang paling menunjukkan terdapat hubungan kuat antara pola asuh demokratis dengan perkembangan menunjukkan hubungan adalah berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Chusna Tenggur Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143006 CAHYANING ROSIDAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 07:34 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8712 |
Actions (login required)
View Item |