PENERAPAN METODE CERITA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN KELOMPOK B PAUD AL-HIKMAH LANGKAPAN

ZENI LUQI NOOR MAZIDA, 1726143064 (2018) PENERAPAN METODE CERITA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN KELOMPOK B PAUD AL-HIKMAH LANGKAPAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan metode Cerita untuk Meningkatkan Karakter Disiplin kelompok B PAUD Al-Hikmah Langkapan”ini ditulis oleh Zeni Luqi Noor Mazida, NIM. 1726143064, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan islam Anak Usia Dini, dibimbing oleh Luluk 'Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Disiplin, Hasil Kedisiplinan Anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa Kebanyakan sekolah sekarang hanya menitik beratkan pembelajaran pada kecerdasan intelektual anak saja dan kurang memperhatikan aspek perkembangan sosial emosional yang menyebabkan anak hanya cerdas secara intelektual namun kurang berkarakter, oleh sebab itu maka dibutuhkan sistem pendidikan yang dapat menyeimbangkan keduanya. Penelitian ini difokuskan pada:1) Bagaimana Penerapan Metode Cerita dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Kelompok B PAUD Al-Hikmah Langkapan? 2) Bagaimana Peningkatan Karakter Disiplin Kelompok B PAUD Al-Hikmah Langkapan Setelah Menerapkan Metode Cerita dalam Pembelajaran?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mendiskripsikan Penerapan Metode Cerita dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Kelompok B PAUD Al-Hikmah Langkapan. (2) Mendiskripsikan Hasil Penanaman Karakter Disiplin Kelompok B PAUD Al-Hikmah Langkapan Setelah Menerapkan Metode Cerita. Metode Penelitian: (1) Jenis Penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (2) Lokasi dan Subjek Penelitian: PAUD Al-Hikmah Langkapan. (3. Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dokumentasi. (4) Analisis data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Prosedur penelitian: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dengan menerapkan tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian: (1) Metode cerita telah diterapkan di lembaga PAUD Al-Hikmah Langkapan dalam rangka untuk menumbuhkan karakter disiplin pada kelompok B. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode cerita, anak-anak sangat antusias menerima materi terkait dengan kedisiplinan. (2) Setelah menerapkan metode cerita dalam pembelajaran pada siklus I hanya ada 25% anak yang berperilaku disiplin dan belum ada indikator yang muncul pada proses pembelajaran. Setelah menerapkan metode cerita dalam pembelajaran pada siklus II ada 55% anak yang berperilaku disiplin dengan satu indikator yang muncul yaitu anak mengembalikan barang pada tempatnya. Setelah menerapkan metode cerita dalam pembelajaran pada siklus III kedisiplinan anak meningkat hingga 90% dan semua indikator telah muncul yaitu: anak berangkat sekolah tepat waktu, mengembalikan barang ditempatnya, dan membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada kedisiplinan anak kelompok B.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143064 ZENI LUQI NOOR MAZIDA
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:31
Last Modified: 02 Aug 2018 08:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item View Item