PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VII MTsN 6 TULUNGAGUNG MATERI PERBANDINGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

RITNO PADILAH, 1724143207 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VII MTsN 6 TULUNGAGUNG MATERI PERBANDINGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung materi perbandingan tahun ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ritno Padilah, NIM 1724143207, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTsN 6 Tulungagung, menunjukan bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru di khawatirkan siswa merasa cepat bosan dan tidak memperhatikan pelajaran yang sedang diajarkan, sehingga nantinya akan mempengaruhi hasil belajar mereka. Selain itu, sebagian siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa, sehingga mampu merubah hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran koperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VII di MTsN 6 Tulungagung (2) Untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yakni kelas VII-E sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen kedua dengan jumlah 83 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran STAD, yang dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,153 kemudian dibandingkan dengan nilai t_tabel sebesar 1,98969 pada taraf signifikan 5%, dengan demikian t_hitung ≥ t_tabel. (2) Model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan adalah model pembelajaran berbasis masalah, yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 78,095 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran STAD sebesar 71,463.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143207 RITNO PADILAH
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:48
Last Modified: 09 Aug 2018 06:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item