PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2017/2018

KUNI MASROKHATI, 1724143126 (2018) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Media Puzzle Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Kuni Masrokhati NIM. 1724143126, Dosen Pembimbing Sutopo,M.Pd. Kata Kunci : Quantum Teaching Media Puzzle, Minat, Hasil belajar. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran quantum teaching dengan media puzzle. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi berbagai permasalahan dalam pembelajaran Matematika, antara lain: (1) Siswa dianggap penerima pasif dalam pembelajaran. Siswa datang hanya duduk, dan mendengarkan informasi dari guru, sehingga membuat siswa bosan, (2) Siswa merasa takut menyampaikan pendapat serta jawaban, (3) Kurang partisipasi siswa dalam proses belajar, sehingga rasa minat untuk belajarnya kurang. Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model quantum teaching dengan media puzzle terhadap minat belajar matematika materi operasi bentuk aljabar kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model quantum teaching dengan media puzzle terhadap hasil belajar matematika materi operasi bentuk aljabar kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model quantum teaching dengan media puzzle terhadap minat dan hasil belajar Matematika materi operasi bentuk aljabar kelas VII MTs Assyaf’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian eksperimen dengan design eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 145 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah (1) Tes, (2) Angket, (3) Observasi, dan (4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat siswa, sedangkan tes yang berupa soal untuk mengukur hasil belajar. Instrumen angket dan soal Sebelum digunakan untuk mengambil dan mendapatkan data terlebih dahulu dilakukakn uji validitas dan relibialitas. Setelah data terkumpul maka akan di uji dengan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh model quantum teaching dengan media puzzle terhadap minat belajar matematika siswa materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,032. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan media puzzle terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa materi Operasi Bentuk Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil analisis minat dan hasil belajar secara simultan menggunakan analisis Multivariate of Varian (MANOVA) diperoleh nilai keempat p value (sig.) sebesar 0,011

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143126 KUNI MASROKHATI
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:47
Last Modified: 08 Aug 2018 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8667

Actions (login required)

View Item View Item