PENERAPAN TEKNIK KOLASE BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B.1 RA RADEN FATAH PODOREJO

KHOIRUN NI’MAH, 1726143023 (2018) PENERAPAN TEKNIK KOLASE BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B.1 RA RADEN FATAH PODOREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Khoirun Ni’mah NIM 1726143023 “Penerapan Teknik Kolase Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B.1 RA Raden Fatah Podorejo” jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018 dibimbing oleh Luluk ‘Atirotu Zahroh, M. Pd. Kata kunci: Teknik Kolase Berbasis Saintifik, Kreativitas. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas anak di RA Raden Fatah Podorejo, kreativitas merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan di masa kanak-kanak karena pada masa tersebut merupakan masa di mana anak-anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan keadaan yang demikian kreativitas merupakan suatu perilaku yang harus dikembangkan dan dilatih semaksimal mungkin karena mengingat pentingnya kreativitas yang diperlukan dalam menghadapi setiap masalah dalam kehidupan. perilaku kreatif dapat dilatih melalui pendidikan karena kreativitas bukanlah sesuatu yang bersifat tetap namun dapat dilatih dan dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B 1 RA Raden fatah Podorejo melalui teknik kolase dengan pendekatan saintifik yang meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan hasil gagasan baru anak menjadi sebuah karya yang menarik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap penelitian yaitu: tahap pengamatan, perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan terdiri dari 3 siklus dan 3 RPPH pada tiap siklusnya. Pengumpulan data penelitian melalui observasi dengan menggunakan teknik dokumentasi, catatan lapangan dan portofolio. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah dilakukan tindakan melalui teknik kolase menggunakan bahan dari alam dengan pendekatan saintifik yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada anak untuk aktif dan eksploratif. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tindakan siklus 1 kemampuan kreativitas anak kelompok B 1 dengan kategori mulai berkembang (MB) 57% dan berkembang sesuai harapan (BSH) 42%. Pada siklus 2 meningkat dengan capaian mulai berkembang (MB) 33% dan berkembang sesuai harapan (BSH) 67%. Perkembangan kreativitas anak mencapai skala capaian perkembangan dengan kategori tuntas pada siklus 3 yaitu: berkembang sesuai harapan (BSH) 43% dan berkembang sangat baik(BSB) 57%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kolase berbasis saintifik dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B 1 di RA Raden Fatah Podorejo tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143023 KHOIRUN NI’MAH
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:39
Last Modified: 08 Aug 2018 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item