PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS

Bagus Mustofa Mauludi, 1724143053 (2018) PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers”, di tulis oleh Bagus Mustofa Mauludi, NIM. 1724143053, Pembimbing Ummu Sholihah, M. Si Kata kunci: metakognisi, pemecahan masalah, fungsi komposisi dan fungsi invers. Metakognisi adalah pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya sendiri, metakognisi adalah kemampuan untuk merencanakan (planning), memantau (monitoring), dan mengevaluasi (evaluating) proses dan hasil berpikirnya sendiri. Kesadaran seseorang akan proses berpikirnya sendiri merupakan hal penting dalam pemacahan masalah. Metakognisi akan membantu siswa mengarahkan proses berpikirnya dalam memecahkan masalah sehingga siswa bisa menyelesaikan secara tepat dan efektif. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan di MAN 4 kediri, kemampuan metakognisi ini belum dievaluasi, hal itu terlihat dari instrumen penilaian khususnya soal dan tugas yang diberikan guru umumnya sebatas aspek kognitif. Selanjutnya sebagai akibatnya adalah kita tidak tahu apakah siswa telah menggunakan proses metakognisinya atau belum bahkan mungkin mereka tidak sadar bahwa mereka memiliki metakognisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan profil metakognisi siswa kelas X MIA MAN 4 Kediri dalam pemecahan masalah matematika materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh suatu objek penelitiannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada saat sekarang.. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari pemberian soal pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi yang diberikan kepada 3 siswa MAN 4 Kediri dengan siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tahap analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, dan membuat simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Profil metakognisi dalam menyelesaikan masalah siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang telah memenuhi semua indikator metakognisi dalam tahapan menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. kemudian profil metakognisi dalam menyelesaikan masalah siswa berkemampuan rendah telah memenuhi semua indikator metakognisi dalam tahapan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan perencanaan, tetapi pada tahap memerikisa kembali, siswa yang berkemampuan rendah hanya memenuhi aspek monitoring dan evaluasi saja dan belum memenuhi indikator planning karena subyek tidak membuat rencana untuk memeriksa kembali jawabannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143053 bagus mustofa mauludi
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:50
Last Modified: 02 Aug 2018 06:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item