MAYANG HAFIZHOH NAFI’AH, 1726143030 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK TK KELOMPOK A DI TK DARUT TAQWA BEJI – TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (268kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (136kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
ABSTRAK Mayang Hafizhoh Nafi’ah NIM. 1726143030 ”Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak TK Kelompok A Di TK Darut Taqwa Beji - Tulungagung” skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018 di bimbing Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Kreatifitas Penelitian ini di latarbelakangi pada permasalahan kreativitas anak yang belum mendapatkan perhatian dari guru. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah tentang kreatifitas dengan menggunakan metode bermain peran. Permasalahan tentang kreatifitas adalah permasalahan yang serius dan memerlukan tindakan untuk penyelesaian permasalahannya. Permasalahan Kreatifitas harus di perbaiki menggunakan metode yang tepat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran di TK Darut Taqwa Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak ? (2) Bagaimanakah Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan kreatifitas anak menggunakan metode bermain peran. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK Darut Taqwa Beji Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam hal peningkatan tentang kreativitas anak dalam rangka peningkatan mutu pengajaran, bagi guru TK Darut Taqwa sebagai dasar untuk memperbaiki kegiatan pengajaran tentang kreatifitas menggunakan metode bermain peran. Bagi pembaca/peneliti sebagai bahan reverensi pada penelitian berikutnya. Pendekatan penelitian ini adalah Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Siklus yang di maksud adalah siklus I, II, III. Penelitian menggunakan tiga siklus sesuai dengan pembelajaran anak karena, pembelajaran pada anak harus di lakukan secara berulang. Penyelesaian tindakan peningkatan Kreatifitas Anak, menggunakan Metode Bermain Peran. Berdasarkan Hasil analisis data pada siklus I, II, III di peroleh data bahwa Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Metode Bermain Peran, sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan pada presentase 80 % (8 orang anak) yang mendapatkan nilai bintang 4 dengan capaian perkembangan BSB = Berkembang Sangat Baik. Dari data yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa, Kreatifitas Anak Kelompok A meningkat setelah menggunakan Metode Bermain Peran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143030 MAYANG HAFIZHOH NAFI’AH |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 06:48 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8653 |
Actions (login required)
View Item |