PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PLOSO JOMBANG

ATIKA LESTARI, 2823133019 (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PLOSO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang” ini ditulis oleh Atika Lestari, NIM 2823133019, Pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, S.E., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan Perbankan Syari’ah saat ini yang begitu pesat, menyebabkan industry perbankan menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif. Karena itu, diperlukan pendekatan-pendekatan dan terobosan untuk mengembangkan pasar syariah di Indonesia ini. Maka, salah satu upaya Bank Syari’ah dapat menerapkan Syariah Marketing yang terdiri dari empat karakteristik yaitu Teistis(rabbaniyyah), Etis(akhlaqiyyah), Realistis(al-waqi’iyyah) dan Humanistis(insaniyyah), yang merupakan suatu proses bisnis yang keseluruhan prosesnya menerapkan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel syari’ah marketing yang terdiri dari Teistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqi’iyyah) dan Humanistis (insaniyyah) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang. Pengujian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dan menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Kuesioner/angket digunakan untuk memperoleh data tentang karakteristik responden yaitu nasabah dan untuk memperoleh data tentang pengaruh syariah marketing terhadap kepuasan nasabah pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang melalui pernyataan dalam kuesioner/angket tersebut. Sedangkan observasi digunakan untuk pengamatan langsung tempat penelitian serta menggali data tentang strukstur organisasi, populasi dan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable independen Syari’ah Marketing yang terdiri dariTeistis(rabbaniyyah), Etis(akhlaqiyyah), Realistis(al-waqi’iyyah) dan Humanistis(insaniyyah) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang dengan pengaruh 38,2%, sedangkan sisanya sebesar 61,8% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, disimpulkan bahwa dari empat karakteristik adat igavariabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, yaituTeistis (rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah), dan Humanistis (insaniyyah) sedangkan variable Realistis (Al-Waq’iyah) berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ploso Jombang. Kata Kunci :Etis (Akhlaqiyyah), Humanistis (Insaniyyah), Kepuasan Nasabah, Realistis (Al-waqi’iyyah),Syariah Marketing, Teistis (Rabbaniyyah).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133019 ATIKA LESTARI
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:24
Last Modified: 02 Aug 2018 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8648

Actions (login required)

View Item View Item