PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DAN JIGSAW MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

TUTUT HIDAYATUN NIKMAH, 1724143249 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DAN JIGSAW MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (891kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Tutut Hidayatun Nikmah, NIM 1724143249, 2018, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Thing Pair Share) dan Jigsaw materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, Thing Pair Share, Jigsaw Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran dan tugas penting yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Salah satunya dengan membuat inovasi model belajar. Inovasi model belajar ini bertujuan untuk membangun pengetahuan peserta didik secara aktif, baik secara individu maupun kelompok. Selain itu inovasi model belajar membuat peserta didik lebih aktif dan tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu inovasi model belajar yang dapat guru lakukan yaitu melalui model pembelajaran kooperatif. Seperti model pembelajaran TPS (Thing Pair Share) dan Jigsaw. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan Jigsaw pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif yang lebih baik diterapkan pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII dari SMP Negeri 1 Boyolangu. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas VIII A sebagai kelas Komparasi 1 dan kelas VIII B sebagai kelas Komparasi 2. Pada kelas Komparasi 1 menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan kelas Komparasi 2 menggunakan model Jigsaw. Untuk mata pelajaran matematika yang digunakan peneliti adalah materi lingkaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai t_hitung>t_tabel atau 1,998≥1,665, 2) perbedaan hasil belajar matematika pada model pembelajaran TPS (Thing Pair Share) dan Jigsaw lebih baik menggunakan TPS (Thing Pair Share) pada mata pelajaran Lingkaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143249 TUTUT HIDAYATUN NIKMAH
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:12
Last Modified: 22 Mar 2019 02:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item